Peran Logistik dalam Industri E Commerce

Seiring tumbuh dan berkembangnya dunia e-commerce, seiring pula dengan pertumbuhan dunia logistik. Dua bidang ini berjalan seiringan karena keduanya saling berkaitan dan saling membutuhkan satu sama lain. Peran logistics in e commerce tidak bisa dipandang sebelah mata. Tanpa peran jasa layanan logistik, bagaimana mungkin barang yang Anda beli melalui e-commerce bisa sampai ke tangan Anda?

Begitu pula dengan peran e-commerce untuk bisnis layanan logistik. Dengan adanya e-commerce dan meningkatnya aktivitas di bidang ini, layanan logistik kebanjiran pesanan. Dari yang semula didominasi oleh pengantaran barang business to business, sekarang pelayanannya juga didominasi oleh business to customer. Ini menunjukkan perkembangan e-commerce tidak terlepas dari layanan yang diberikan oleh jasa logistik.

Pertimbangan Memilih Jasa Logistik

Meskipun memiliki peran yang sangat penting dalam mengantarkan barang yang dipesan secara online, konsumen juga tidak sembarangan dalam memilih jasa layanan logistik. Logistics in e commerce tidak hanya satu. Ada banyak pemain yang berkecimpung di bidang ini sehingga jasa logistik yang memberikan layanan terbaiklah yang akan banyak dipilih oleh konsumen.

Secara umum, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih jasa logistik. Beberapa pertimbangan tersebut adalah :

1.     Kecepatan waktu

Yang pertama, kecepatan waktu. Jasa logistik yang mampu mengirimkan barang dalam waktu yang tepat dan cepat tentu akan banyak dipilih oleh konsumen. Demi memenuhi kebutuhan ini, jasa logistik membuat varian layanan pengantaran barang, seperti Same Day Delivery dan Next Day Delivery. Jadi, konsumen yang membutuhkan pengiriman barang dalam waktu cepat bisa memanfaatkan layanan tersebut.

2.     Keamanan barang

Yang kedua adalah tentang keamanan barang. Ini adalah hal yang sangat penting. Tidak ada konsumen yang ingin menerima barang dalam kondisi rusak karena kesalahan saat pengiriman. Pengalaman buruk yang dialami konsumen lain bisa jadi alasan bagi konsumen lainnya untuk tidak menggunakan jasa logistik tersebut dan beralih ke jasa logistik yang dinilai lebih aman. Nama baik perusahaan logistik menjadi taruhannya.

3.     Biaya pengiriman

Pertimbangan yang ketiga terkait dengan biaya pengiriman. Tidak sedikit pengguna e-commerce yang lebih memilih jasa logistik yang menawarkan biaya pengiriman yang murah daripada yang mahal. Kadang, mereka juga tidak mempertimbangkan aspek lainnya, seperti keamanan barang.

4.     Area layanan

Yang keempat, jangkauan area layanan. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan utama bagi mereka yang tinggal di pelosok atau jauh dari kota. Mereka tidak lagi memikirkan biaya pengiriman atau kecepatan waktu. Yang penting, jasa logistik tersebut bisa mengantarkan barang sampai ke alamat mereka.

Nah, itulah 4 pertimbangan dalam memilih jasa logistik. Perusahaan logistik yang memiliki kelebihan di 4 hal tersebut hampir dipastikan memiliki pelanggan yang loyal. Kualitas pelayanannya pun perlu ditingkatkan. Meskipun peran logistics in e-commerce sangat besar, perusahaan logistik juga tetap harus mengedepankan kualitas layanan demi kepuasan pelanggan.

admin