Kenali 3 Penyebab Munculnya Ruam Popok atau Iritasi Pada Kulit Anak

Istilah ruam popok tentu sudah sering Anda dengar. Ruam popok itu sendiri merupakan kondisi dimana kulit bayi mengalami iritasi yang ditandai dengan kulit yang kemerahan, lecet, maupun melepuh yang diakibatkan pemakaian popok. Penyebabnya beragam, salah satunya adalah karena pemilihan dan penggunaan popok yang kurang tepat. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk membeli popok di toko yang jual Drypers berkualitas.

Tidak dipungkiri jika adanya popok sekali pakai ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Akan tetapi, risiko munculnya iritasi pada kulit anak tidak selalu mudah untuk dihindari. Oleh karena itu Anda harus tahu apa penyebab iritasi pada kulit anak sehingga bisa berupaya untuk mencegahnya.

Penyebab Iritasi Kulit atau Ruam Popok

Apa saja penyebab munculnya iritasi pada kulit bayi? Berikut informasinya.

  • Ukuran popok yang tidak sesuai

Salah satu kelebihan popok sekali pakai adalah variasi ukuran yang lengkap sehingga mudah disesuaikan dengan berat badan anak. Sayangnya, ketika Anda tidak cermat dalam memilihnya, bukan tidak mungkin Anda salah memilih ukuran popok.

Dan karena terlanjur dibeli, bisa jadi Anda tetap memakaikannya pada si kecil. Padahal yang demikian membuat kulit yang tertutup popok menjadi sulit bernapas dan popok lebih mudah bergesekan langsung dengan kulit bayi. Alhasil, kulit bayi menjadi lecet dan berujung pada iritasi kulit.

  • Popok yang lembab

Ketika Anda memutuskan untuk memakaikan popok sekali pakai pada bayi, maka Anda juga harus siap untuk rajin mengganti popok bayi. Kenapa? Sebab ketika Anda malas mengganti popok yang sudah penuh atau karena stok popok tinggal sedikit lantas Anda menunda mengganti popok akan memungkinkan popok menjadi lembab dan kulit bayi terlalu lama bercampur dengan urine atau tinja. Akibatnya, kulit beresiko mengalami ruam.

Lagi pula kini sudah banyak toko yang jual Drypers, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok popok untuk si kecil.

  • Penggunaan produk kosmetika bayi

Meski sering dikenal sebagai ruam popok, namun penyebab ruam atau iritasi ini tidak selalu karena penggunaan popok. Pemilihan produk kosmetika bayi yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab iritasi kulit. Jadi, coba cek lagi komposisi produk kosmetika bayi yang Anda pakaikan untuk si kecil. Apakah mengandung bahan yang aman atau tidak.

Meski begitu, hal ini juga tergantung pada kondisi kulit anak. Sebab setiap anak memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya ruam popok atau iritasi pada kulit bayi. Pada dasarnya ruam ini bisa dihindari jika aturan tentang penggunaan popok diperhatikan dengan benar. Selain itu, pastikan Anda membeli popok di toko yang jual Drypers terpercaya sehingga kualitasnya lebih terjamin.

admin