Kandungan Nutrisi Bawang Bombay yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi bawang bombay ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu jenis sayur ini sangat berkhasiat untuk tubuh, mulai dari kesehatan kulit hingga jantung. Nutrisi yang terkandung dapat memenuhi berapa persen yang tubuh butuhkan.

Bukan hanya kaya akan nutrisi, bawang bombay juga memiliki banyak bahan fitokimia yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Sehingga mengonsumsi bawang bombay tentu saja berdampak baik pada tubuh. Namun mengonsumsi bawang ini juga tidak boleh berlebihan, karena dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Kandungan Nutrisi Bawang Bombay dan Manfaatnya

Bawang bombay (Allium Cepa Linnaeus) merupakan jenis rempah yang berasal dari kawasan Asia Tengah, seperti Palestina yang menyebar ke India, Eropa, dan negara lainnya.

Jenis bawang ini lebih terkenal akan ukurannya yang besar dengan daging tebal dan tekstur halusnya. Bawang bombay memiliki nutrisi antara lain berikut ini.

Nutrisi yang Terkandung pada Bawang Bombay

Direktorat Gizi Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa ada banyak nutrisi yang terdapat dalam bawang bombay.

Mengandung kalori rendah, kaya akan vitamin, mineral, dan oksidan. Kalori yang terkandung dalam bawang bombay yaitu sekitar 46 kal. Mengandung juga protein sebanyak 1,4 gram.

Mengandung karbohidrat sebesar 10,3 gram dan lemak 0,2 gram. Memiliki kandungan vitamin A 50 SI, B1 sebanyak 0.03 mg, dan C 9 mg.

Selain itu, juga mengandung 30 mg kalsium, 0,5 mg zat besi, dan 44 mg fosfor. Kandungan air bawang bombay cukup besar, yaitu mencapai 87,5 gram.

Rempah yang satu ini juga rendah kalori, namun tinggi akan kandungan antioksidannya serta mineral dan vitamin. Kandungan nutrisi bawang bombay inilah yang menyebabkan bawang bombay sangat bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan

Selain sebagai penyedap masakan, bawang bombay memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bawang bombay yang berguna untuk mengatasi gangguan penyakit, baik ringan maupun berat.

Menangkal dan Mengatasi Kanker

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam bawang bombay sangat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Dengan mengonsumsi bawang ini secara rutin, mampu mengatasi kanker yang bersarang pada tubuh.

Penderita kanker payudara bisa mengonsumsi bawang bombay. Dapat juga mencegah terjadinya hiperglikemia maupun resistensi insulin.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang bombay mengandung kalium dan kuersetin yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah maupun menekan risiko serangan jantung. Kuersetin sendiri merupakan jenis flavonoid yang penting mencegah plak pada arteri serta mampu menurunkan risiko terjadi stroke.

Mengatasi Jamur Kulit

Masalah penyakit kulit tentunya sangat mengganggu kesehatan dan penampilan. Anda dapat mengatasinya dengan rutin mengonsumsi bawang bombay.

Karena kandungan nutrisi bawang bombay yaitu allisin, pektin, dan flavonoid dalam bawang ini bersifat anti bakteri. Sehingga dapat mengobati kadas, jerawat, atau gangguan kulit lainnya.

Ekstrak bawang bombay mampu menghambat serta membunuh bakteri Staphylococcus aureus. Dimana merupakan bakteri penyebab terjadinya infeksi, seperti jerawat, bisul atau bahkan arthritis.

Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Penderita diabetes maupun hiperglikemia sebaiknya rutin mengonsumsi bawang bombay. Karena dengan mengonsumsi makanan yang menggunakan bawang bombay sebagai salah satu bumbu penyedapnya, dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Melancarkan Pencernaan

Bawang bombay kaya akan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Serat ini berguna untuk menjaga bakteri baik dalam usus. Sehingga dapat mengatasi diare, mencegah tukak lambung, serta gangguan pencernaan lainnya.

Berbagai kandungan nutrisi bawang bombay tersebut dapat  mengobati berbagai penyakit. Sehingga tidak ada salahnya bila anda mengonsumsi bawang bombay secara rutin.

admin