Ciri Ciri Untuk Berpakaian Muslim Yang Baik

Untuk sekarang busana muslim di indonesia semakin berkembang yang cukup tinggi, baik dari motif kain atau juga modelnya sendiri. Nah pengguna pakaian muslim tidak lagi di identikan dengan kegiatan-kegiatan resmi keagamaan atau ibadah. Namun sudah menjadi identitas dari muslim sendiri. Tren yang membuat para produsen pakaian muslim untuk bisa menjadi pilihan, pakaian muslim yang bisa digunakan disegala kondisi, baik dalam kondisi yang resmi ataupun untuk dipakai sehari-hari.

Nah bagi para kaum muslim wanita atau pria, harus bisa memilih pakaian muslim yang tepat dan sesuai dengan tata cara yang sudah ada di dalam Al-Qur’an. Nah disini akan memberi tahu ciri-ciri untuk berpakaian muslim yang baik.

  • Menutup Aurat

Bagi masyarakat khususnya yang beragama islam, berpakaian adalah bukan hanya soal gaya dan mode. Melainkan yang lebih penting iyalah pakaian yang dikenakan harus metutup aurat dan memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Aurat bagi laki-laki adalah dari bagian pusar hingga bagian lutut, nah para produsen di bidang pakaian muslim pria harus menyesuaikan dengan memproduksi pakaian muslim yang tidak melanggar aturan yang sudah ditentukannya.

Aurat bagi wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Nah ketentuan menutup aurat tersebut adalah wajib hukumnya bagi wanita yang beragama islam. Dan khususnya kepada wanita yang sudah baligh untuk memakai kerudung atau hijab yang berfungsi untuk menutup auratnya.

  • Tidak Terlihat Transparan

Busana muslim yang baik untuk laki-laku maupun wanita sebaiknya dibuat yang tidak transparan, sehingga penting banget untuk memilih kain yang akan digunakan untuk memproduksi busana muslim. Nah jika para produsen busana islam menggunakan bahan shiffon yang dibilang tipis, maka harus mensiasatinya dengan menggunakan kain yang bernama puring atau kain tambahan untuk dijadikan tambahannya. Selain memakai bahan kain yang dijahit menyatu dengan bahan berada diluar yang tipis, nah bisa juga loh dengan cara menggunakan pakaian yang sudah jadi untuk dijadikan sebagai daleman, nah yang cocok untuk dijadikan bagian dalam biasanya menggunakan bahan kaos agar bisa menyerap keringat kalian dengan baik.

  • Perbedaan Yang Tegas Untuk Pakaian Laki-Laki Dan Wanita

Ketentuan lainnya adalah selain menutup aurat bagi umat muslim yaitu dengan menggunakan pakaian yang menyerupai lawan jenisnya. Yang bermaksud, Laki-laki muslim tidak boleh menggunakan model pakaian wanita, nah sebaliknya wanita muslim juga tidak boleh menggunakan model pakaian laki-laki. Sehinggi terlihat jelas perbedaan antara pakaian untuk wanita ataupun laki-laki didalam dunia fashion muslim.

  • Tidak Ketat

Sehingga tidak menggambarkan bentuk tubuh kalian. Kalian pernah mendengar pesan putri Rosululloh Shollallohu alaihi wa salam, yaitu Fatimah binti Rosululloh Shollallohu alaihi wa salam. Beliau pernah berpesan kepada Asma : “Wahai Asma” Sesungguhnya aku memandang buruk perilaku wanita yang memakai pakaian yang dapat menggambarkan tubuhnya.

Keempat kriteria ini perlu diperhatikan ketika kalian hendak membeli atau memilih dan menggunakannya. Nah bagi wanita yang menggunakan “hijab” tidak ada gunannya jika kalian memakai hijab yang berbahan transparan dan ketat. Begitu juga dengan laki-laki tidak ada gunanya memakai jubah (gamis) jika transparan dan auratnya terlihat oleh orang lain.

Semonga kalian senan tiasa selalu berada dijalan yang sudah Allah SWT tetapkan yah. Mungkin itu saja yang bisa dibagikan untuk ciri-ciri berpakaian muslim.

admin