Apa Sih Ekonomi Kreatif? Yuk Kenali Ciri dan Manfaatnya

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat roda perekonomian tetap berputar. Apalagi jika kamu punyai ide-ide baru untuk dikembangkan, pastinya kamu tidak akan kesulitan untuk berinovasi dalam dunia ekonomi kreatif.

Mengingat kondisi pasar yang bersifat dinamis dan selalu berubah, kamu dituntut untuk lebih kreatif dalam menjalankan kegiatan ekonomi. Nah, ekonomi yang kreatif ini dianggap menjadi salah satu cara yang paling sesuai untuk diterapkan karena dapat menyesuaikan dengan perkembangan ekonomi saat ini.

Apa Itu Ekonomi Kreatif?

Ekonomi kreatif dapat diartikan sebagai sebuah konsep perekonomian yang menitikberatkan pada kreativitas dan informasi. Konsep yang satu ini lebih mengedepankan ide serta pengetahuan yang bersumber dari manusia itu sendiri.

Dengan kata lain, kreativitas, pengetahuan, dan ide merupakan aset utama untuk menjalankan roda perekonomian. Menariknya, ini mendapat respon cukup baik dari masyarakat dunia lho. Buktinya, berdasarkan data dari kemenparekraft pertumbuhan sektor ekonomi yang satu ini cukup tinggi, yaitu hingga 5.76 persen.

Dibandingkan dengan sektor ekonomi lain yang telah ada sebelumnya seperti pertanian, perikanan, pertambangan, dan hingga listrik dan gas, angka ini menunjukkan awal yang cukup baik. Tidak heran jika pemerintah terus mendorong berkembangnya sektor kreatif ekonomi di masa depan.

Hal ini mungkin dikarenakan masyarakat sekarang ini lebih menyukai hal berbau teknologi, ‘kreatifitas’ dan inovatif yang baru. Nah, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya teknologi, diprediksi sektor ekonomi yang satu ini akan terus berkembang,

Ciri 

Apa yang membedakan sektor ekonomi dengan jenis ekonomi lain yang ada di Indonesia? Ada sejumlah ciri-ciri yang bisa kamu gunakan sebagai indikator, antara lain:

  • Mudah Tergantikan

Produk yang dihasilkan oleh sektor ini biasanya mudah tergantikan. Kenapa begitu ya? Pasalnya, barang ataupun jasa yang diproduksi mempunyai margin serta persaingan yang tinggi, mudah ditiru, dan punya siklus hidup yang relatif singkat.

  • Bergantung pada Ide

Karena konsep ekonomi ini menitikberatkan pada kreativitas, tentu saja industri kreatif sangat bergantung pada ide dari pelaku usaha. Jadi, tidak heran jika produsen perlu usaha lebih keras untuk bertahan dalam ketatnya persaingan.

Sebenarnya tak hanya ide kreatifitas saja, namun juga bergantung pada ide-ide yang inovatif, yang dapat menciptakan suatu hal yang baru, tanpa plagiasi, dan bisa berguna untuk orang banyak.

  • Membutuhkan Kerja Sama

Salah satu ciri yang tidak bisa dipisahkan dari sektor ini adalah kerja sama. Industri ini membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak seperti pemerintah, kaum intelektual serta pelaku usaha.

Hal ini dikarenakan kreatifitas tidak hanya muncul pada satu orang saja, melainkan bisa bersumber dari banyak orang.

  • Tidak Terbatas

Nah, ciri terakhir yang perlu kamu ketahui adalah tidak terbatas atau bersifat terbuka. Maksudnya industri kreatif dapat berkembang dan bisa diterapkan pada semua bidang usaha.

Manfaat 

Setelah mengetahui pengertian dan cirinya, kini kamu perlu tahu apa sih manfaat yang bisa didapatkan. Meskipun terbilang baru, industri ini menawarkan sejumlah manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata lho. Apa saja ya? Simak daftar berikut ini.

  • Membuka Lapangan Kerja

Industri kreatif diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru sehingga mengurangi angka pengangguran, khususnya di Indonesia. Baik industri berskala kecil maupun menengah dapat berkontribusi untuk menyerap tenaga kerja yang berlimpah di tanah air.

  • Meningkatkan Kreativitas Masyarakat

Karena industri ini menitikberatkan pada kreativitas, maka pelaku usaha dan masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan usaha. Tentu saja hal ini mempunyai dampak yang sangat baik bagi masyarakat yang biasanya hanya terpaku pada ide yang itu-itu saja.

  • Meningkatkan Inovasi Lintas Sektor

Manfaat terakhir yang bisa dirasakan dari kehadiran industri kreatif adalah meningkatnya inovasi di lintas sektor. Pasalnya, pengembangan industri ini tidak terbatas dan bisa diterapkan pada beragam bidang usaha.

Singkatnya, ekonomi kreatif adalah konsep perekonomian baru yang menekankan kreativitas serta ide dari pelaku usaha. Sektor ekonomi ini di Indonesia dianggap menjadi salah satu penggerak roda perekonomian karena mampu menyesuaikan dengan kondisi pasar melalui pengetahuan dan inovasi.

admin