Berbicara mengenai tas wanita, kini barang tersebut sudah tidak bisa dipisahkan dari dunia fashion. Bagaimana tidak, memilih tas pun kini mulai disesuaikan dengan pakaian yang sedang dipakai. Oleh karena itu, sekarang tas sudah seperti aksesoris tambahan seperti topi atau jam tangan. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis tas jika dilihat dari bahannya? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Jenis Tas Menurut Bahannya

  1. Tas berbahan kanvas

Bahan yang pertama adalah kanvas. Bahan ini bisa dikatakan salah satu bahan yang cukup populer di dunia produksi tas. Meski kerap juga diidentikkan dengan pembuatan lukisan, namun pada kenyataannya banyak juga tas yang memakai bahan ini. Tas dengan bahan kanvas akan memiliki tekstur yang agak kasar dan tidak terlalu tipis. Biasanya kanvas digunakan untuk pembuatan tas lukis dengan nilai seni yang tinggi.

  1. Tas berbahan kulit

Tas dengan bahan kulit sangat mudah untuk ditemui. Jenis ini memiliki karakter berpori dan tidak rata. Kelebihan dari tas berbahan kulit adalah memiliki tampilan yang elegan dan modis, cocok untuk dipadukan dengan berbagai outfit. Bahkan, tas kulit dengan bulu kini sudah dibanderol dengan harga yang cukup tinggi karena tampilannya yang sangat menawan.

  1. Tas berbahan corduroy

Corduroy atau bahan semi beludru juga tak jarang digunakan untuk membuat tas. Tas dengan bahan ini akan terlihat berbulu namun tidak berkilap. Kesan menawan dan modis akan dibawakan oleh tas yang menggunakan bahan ini. Banyak wanita kolektor tas yang tidak mau ketinggalan untuk memiliki tas berbahan corduroy ini. Apakah Anda juga?

  1. Tas berbahan nilon

Memang, tas dengan bahan sintetis dari plastik memiliki keunggulan di sektor ketahanannya. Nilon adalah salah satunya. Bahan ini juga tergolong bahan anti air. Oleh karena itu, kebanyakan tas yang berbahan nilon adalah tas untuk traveling dan untuk membawa barang-barang elektronik seperti ponsel dan kamera. Meski begitu, tampilan dari tas ini juga tidak monoton dan tetap pantas untuk menjadi pelengkap outfit.

  1. Tas berbahan vinil

Vinil merupakan sejenis bahan sintetis yang berasal dari plastik. Bahan ini memiliki tingkat ketahanan yang cukup tinggi dan mulai menjadi tren untuk membuat tas. Ada dua jenis vinil yang digunakan, yakni bahan dengan karakter bercahaya dan tak bercahaya. Keduanya sama-sama bisa menjadi bahan pembuatan tas. Kelebihan tas berbahan vinil adalah memiliki daya tahan yang tinggi dan sangat cocok untuk mendukung tampilan modis.

  1. Tas berbahan jeans

Siapa sangka, bahan yang kerap diolah menjadi celana atau jaket ini ternyata juga bisa digunakan untuk membuat tas yang cantik. Jeans memiliki karakter yang sangat kuat sehingga wajar jika dicoba untuk menjadi bahan pembuatan tas. Selain itu, tas dengan bahan jeans akan lebih lentur dan nyaman untuk digunakan. Yang terpenting, Anda tetap akan terlihat bergaya dengan tas ini.

  1. Tas berbahan parasut

Bahan parasut lebih ditekankan untuk membuat tas yang bersifat waterproof. Jika Anda ingin mencari tas jenis ini, sebaiknya berhati-hati karena tidak banyak yang menjual tas berbahan parasut dengan kualitas rendah. Tas yang berkualitas rendah ini akan terlihat kusut dan tipis. Namun, jika Anda berhasil menemukan tas berbahan parasut dengan kualitas yang baik, tas ini akan tahan lama dan Anda tidak perlu takut ketika terkena air.

Itulah tadi berbagai macam tas dilihat dari jenis bahannya. Mungkin Anda akan lebih cocok dengan satu bahan tertentu. Namun, sebagai kolektor tentu Anda tidak ingin melewatkan satu pun dari yang disebutkan di atas bukan?