5 Tanda-Tanda Persalinan Semakin Dekat yang  Perlu Diketahui

Ibu muda yang baru pertama kali hamil pasti akan merasa khawatir akan proses persalinan. Sebelum masuk ke masa-masa mendekati persalinan, sebaiknya pahami terlebih dahulu hal-hal yang harus dipersiapkan. Ini akan membuat calon ibu memiliki gambaran tentang persalinan dan meminimalisir rasa takut. Simak tanda-tanda persalinan semakin dekat berikut ini!

  1. Kontraksi yang Sesungguhnya

Dikatakan sesungguhnya karena terdapat kontraksi palsu dalam masa kehamilan. Kontraksi sesungguhnya dapat dilihat dengan gejala seperti nyeri pada perut dan terasa semakin kencang. Kondisi ini akan berlangsung semakin kuat dan bertahan dalam waktu yang lama. Nyeri ini dimulai dari bagian punggung hingga ke perut bagian bawah, bahkan ada yang sampai kaki.

  1. Pecahnya Air Ketuban

Air ketuban yang keluar dapat dengan cara merembes atau mengalir deras layaknya orang yang mengompol. Pecahnya air ketuban akan diawali dengan kontraksi yang terjadi secara teratur dan dalam tempo yang lama. Namun pada beberapa kasus, air ketuban pecah terlebih dahulu tanpa diawali kontraksi. Hubungi dokter jika hal ini terjadi pada hamil masa tua.

  1. Keluar Flek Warna Pink atau Kecoklatan

Tanda persalinan lainnya dapat dilihat dari adanya flek yang keluar. Flek yang keluar dengan warna pink atau kecoklatan ini berasal dari lendir rahim yang luruh keluar. Lendir ini memiliki tekstur seperti dahak namun berwarna merah kecoklatan. Segera periksa ke dokter jika mengalami hal ini di masa kehamilan masuk minggu-minggu persalinan.

  1. Semakin Sulit Berkomunikasi dengan Orang Lain

Kejadian ini dikarenakan kontraksi yang sesungguhnya semakin kuat dan berlangsung lama. Hal ini akan terjadi secara teratur memasuki masa persalinan. Intensitas dan frekuensi pada kontraksi berpengaruh pada tenaga yang dimiliki seorang ibu yang mau melahirkan. Ia akan merasa kelelahan dan kesakitan menahan kontraksi sehingga mengalami kesulitan berbicara.

  1. Mengalami Gangguan Fisik

Gangguan fisik yang dialami saat masa kehamilan tua ialah mata buram saat melihat, sakit kepala dan bengkak beberapa anggota tubuh. Gejala tersebut dapat menandakan harus segera dilakukan tindakan berupa persalinan karena dapat membahayakan bagi ibu maupun janin. Tanda-tanda yang demikian dapat pula menunjukkan gejala preeklampsia.

Preeklampsia merupakan gangguan pada kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah. Selin itu, protein pada air seni juga tinggi. Maka dari itu, saat mengalami gejala tersebut, harus segera ditangani agar tidak membahayakan ibu maupun janin yang dikandungnya. Segera larikan ke rumah sakit atau tindakan medis dengan cepat agar meminimalisir bahaya.

Itulah tanda-tanda persalinan semakin dekat yang perlu diketahui. Lebih tepatnya, lakukan pemeriksaan awal kehamilan hingga  masa persalinan dengan satu rumah sakit atau satu dokter. Agar memiliki rekam medis yang dapat dilihat mulai dari masa awal kehamilan hingga persalinan. Dengan begitu, dapat memberikan tindakan medis yang tepat bagi Anda.

admin